Ads 468x60px

.

Kamis, 07 Maret 2013

Cara Menulis Ayat Al-Qur'an di Blog

Mau mencantumkan ayat Al-Quran di Blog namun tidak tahu caranya? mungkin itu adalah pertanyaan yang sampai saat ini belum sobat temuan solusinya. Namun jangan khawatir, kamu tidak salah berkunjung ke blog Abu Adara, karena pada postingan kali ini akan diuraikan sedikit tutorial mengenai cara menulis ayat al-Qur'an di blog kesayangan kamu.

Langkah Pertama adalah menyiapkan aplikasi Quran in Word yakni aplikasi tambahan yang memungkinkan kita mencantumkan ayat tertentu yang kita inginkan tanpa harus mengetik huruf demi huruf. Ini kita lakukan agar lebih efektif dan menghindari kesalahan didalam menuliskan ayat. Kelebihan lainnya pada aplikasi Quran in Word (Al-Quran didalam Microsoft Word) adalah sudah tersedianya terjemahan bahasa Indonesia versi Departemen Agama, lengkap dengan catatan kakinya. Jika kamu belum menginstall Quran in Word, buruan download dahulu aplikasinya diakhir tulisan ini.

Setelah terinstal, maka akan ada tambahan satu tab didalam Word kamu dengan nama Add-ins, nah klik aja tombol itu. Kemudian pilih "Al-Qur'an", pada pilihan yang tersedia sobat bisa pilih "Get Arabic+Translation" jika sobat ingin mencantumkan Ayat beserta artinya, atau "Get Arabic" jika sobat hanya ingin mencantumkan Ayatnya saja tanpa artinya, atau sebaliknya "Get Translation" jika sobat hanya ingin mencantumkan terjemahannya saja. Tinggal di klik dan akan muncuk kotak dialog seperti gambar dibawah ini.

Pada kotak dialog tersebut sobat pilih ayat yang diinginkan, jangan khawatir aplikasi Quran ini Word walaupun super kecil (tidak sampe 2 MB) tetapi memungkinkan kita untuk menulis Ayat Al-Quran dari juz 1 sampai juz 30 lengkap dengan artinya. Setelaha sobat pilih suratnya kemudian pilih ayatnya; dimulai dari ayat berapa hingga berapa. nah, yang terpenting, untuk membuat ayat al-quran di blog, sobat harus MENCEKLIS kotak UNICODE seperti pada gambar tersebut diatas. Karena jika tidak di ceklist, blog kamu tidak akan mampu menampilkan ayat al-Quran dengan baik, yang ada hanya kode-kode aneh yang tidak bisa dibaca.

Setelah Kotak Unicode sobat Ceklis, kemudian klik OK, dan Taraaa... ayat Al-quran sekeitika muncul pada halaman Word sobat. Nah langsung aja di copas (copy and paste) ke blog kamu. Percantik sedikit dengan cara mengatur letak, memberikan warna, menebalkan dan mengatur ukuran agar lebih besar. Jika kira-kira sudah Ok, maka sobat bisa langsung publish aja tulisannya. Semoga tutorial singkat ini bermanfaat, dan semoga sobat menjadikan Blog sobat sebagai ladang dakwah yang positif menuju jalan islam yang lurus.

Inilah Contoh hasilnya;


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (١)الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (٢)الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (٣)مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (٤)إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (٥)اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (٦)صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ (٧)

1. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
2. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
4. Yang menguasai di hari Pembalasan.
5. Hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan.
6. Tunjukilah Kami jalan yang lurus,
7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Link Download Quran in Word DISINI [idws] 1.07 MB

Artikel Terkait

1 komentar:

Saiful Islam mengatakan...

Terima kasih banyak, di coba berhasil

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...